Rabu, 21 November 2012

Tulisan Etika Bisnis


Bosan Jadi Pegawai

Tulisan ini bukanlah mengenai acara di salah satu stasiun televise swasta tetapi mengenai perubahan profesi seseorang. Pada tahun 1998 Indonesia mengalami krisis ekonomi yang berdampak pada tingginya tingkat pengangguran. Tinnginya pengangguran dikarenakan Pemutusan Hubungan Kerja oleh perusahaan yang mengalami kebangkuratan. Dengan desakan kebutuhan hidup, para penganggur memeras otak mencari sumber pendapatan lain setelah tidak lagi mendapat gaji dari pekerjaannya sebagai karyawan. Menjadi pengusaha kecil-kecilan menjadi jalan keluar yang cukup logis mendapatkan penghasilan dan kembali produktif.
Pengusaha adalah individu yang melakukan usaha perdagangan sebagai mata pencahariannya, baik perdagangan barang atau perdagangan jasa. Banyak keuntungan menjadi pengusaha ketimbang menjasi karyawan, salah satunya adalah lebih leluasanya kreatifitas karena tidak ada system atau peraturan atasan terhadap proses kerja. Walaupun dengan kelebihan tersebut, menjadi pengusaha tidaklah lepas dari beban-beban. Beban atau rintangan yang menjadi tantangan awal adalah besarnya modal yang diperlukan untuk membuka suatu usaha.
Saat ini angka pertumbuhan usaha mikro semakin tinggi, hal ini menujukkan banyak penduduk yang berprofesi sebagai pengusaha. Faktor-faktor yang menarik masyarakat menjadi pengusaha adalah :
1.      Dorongan ekonomi, mencari sumber penghasilan yang tidak hanya mencukupi biaya hidup tetapi ada bagian yang mampu menjadi tabungan untuk masa depan.
2.      Sejarah kesuksesan orang-orang yang sukses dengan berwirausaha
3.      Menjadi pimpinan diri sendiri sehingga bisa memilih waktu beroprasi
4.      Kebebasan berkreatifitas
5.      Membuka ladang pekerjaan bagi orang lain yang membutuhkan
6.      Martabat social
Dengan banyaknya wirausahawan di Indonesia, memberi sumbangsih dalam perkembangan ekonomi. Yang paling terlihat adalah pada krisis ekonomi 1998, sector ekonomi mikro membantu menstabilkan kondisi dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar