BAGIAN-BAGIAN SURAT LAMARAN KERJA
Surat adalah sarana komunikasi
untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain.
Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran,
dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman
kerja. Pada umumnya, dibutuhkan perangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh
tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin
besar juga.
Surat secara umum digolongkan
menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat dinas, dan surat niaga apabila ditinjau
dari segi bentuk, isi, dan bahasanya. Sedangkan apabila digolongkan berdasarkan
berdasarkan pemakaiannya dapat dibagi menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat
resmi, dan surat dinas
SURAT
LAMARAN KERJA
Surat
lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang
ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi tertentu. Surat
lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat
aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Secara umum
surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini.:
- Kepala surat
- Tempat dan tanggal pembuatan surat
- Nomor surat
- Lampiran
- Hal atau perihal
- Alamat tujuan
- Salam pembuka
- Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
1. paragraf pembuka
2. isi surat: Tuliskan Kemampuan Anda,
Keterampilan dan Pengalaman yang Relevan dengan Posisi yang hendak Anda lamar. Pada bagian ini, Anda sebaiknya
mencantumkan kalimat yang menunjukkan keyakinan diri Anda.
3. paragraf penutup : Ucapakan terima kasih atas
kesediaan mereka membaca surat lamaran kerja Anda. Akhiri dengan kalimat,
Hormat Saya atau sincerely yours, kemudian tanda tangan Anda dan nama Anda.
- Salam penutup
- Tanda tangan dan nama terang
Referensi
:
http://id.wikipedia.org/wiki/Surat
nice blog.
BalasHapusMampir juga di
https://mrc-anonymous.blogspot.co.id
Surat lamaran kerja itu tidak pakai kop/ kepala surat
BalasHapus